Rabu, 26 Juni 2013

Kelebihan dan Kekurangan Power Bank

Power Bank, si kotak ajaib yang bisa mengisi baterai Anda dimanapun, kapanpun dan bagaimanapun kondisi Anda (asalkan baterai power bank penuh). Tapi setiap benda pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan, tidak terkecuali power bank. Nah, sebagai informasi sebelum membeli power bank dan untuk menambah wawasan tentang power bank juga, yuk kita simak apa saja kelebihan dan kekeurangan power bank. 
berikut cuplikannya :






1. Sangat membantu saat Anda sedang berada dalam perjalanan dimana sulit atau bahkan tidak ada aliran listrik sama sekali (Contoh di hutan atau puncak gunung).

2. Umumnya Power Bank mempunyai spesifikasi high power dengan kapasitas mAh yang besar, jauh dibanding dengan baterai cadangan. Hal ini menjadikan proses charging bisa lebih cepat dan lebih effisien waktu. 

3. Power bank bersifat universal, dengan menggunakan port microUSB atau miniUSB yang dapat mensuplai energi beberapa gadget dengan merk berbeda.




1. Beberapa kasus power bank (hanya beberapa) malah dapat mempersingkat umur baterai, karena ukuran tegangan yang tidak sesuai antara power bank dengan smartphone tersebut, maka dari itu sebelum membeli power bank seseuaikanlah tegangan power bank dengan gadget/handphone Anda, untuk keamanan gadget Anda. 
2. Harganya masih relatif mahal, terutama power bank merek ternama dengan kapasitas besar yang mempunyai kualitas bagus, seperti buatan Alkaline, Panasonic dan Sanyo, namun sudah kini sudah hadir power bank dengan harga yang terjangkau dengan kualitas yang bagus seperti power bank SPC dll. 
3. Power bank memiliki bobot yang relatif berat untuk yang memiliki kapasitas besar, dan beberapa jenis harus dioperasikan dengan dukungan kabel USB. 
4. Power bank juga memerlukan proses charge sama dengan baterai, dan umumnya durasi charge-nya bisa mencapai 4 sampai 6 jam atau mungkin lebih, namun masing2 merk berbeda. 
5. Baterai handphone atau smartphone cepat panas saat di charge bila terlalu lama di charge (over time charging)
6. Bisa merusak kartu SIM jika terlalu lama mengisi menggunakan Power Bank.


sekian, semoga bermanfaat.
thanks for reading :)

0 komentar:

Posting Komentar